gravatar

puasa hari hari putih ( Ayyamul Bidh )

Tanggal 13, 14, 15 dari setiap bulan qamariyah (tahun hijriyah) merupakan tanggal yang di khususkan oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa sunah. puasa jenis ini di sebut puasa hari hari putih ( ayyamul bidh ), karena pada hari tersebut bertepatan dengan terang bulan, yakni saat rembulan sedang terang-terangnya.

Rasulullah SAW membiasakan diri pada tanggal 13, 14 dan 15 pada tiap bulannya. Rasulullah SAW jarang sekali meninggalkan puasa di pertengahan bulan tersebut, baik ketika beliau berada dalam rumah maupun ketika sedang dalam perjalanan. mengingat pentingnya puasa hari-hari putih tersebut, sampai-sampai Rasulullah SAW memberikan nasehat langsung kepada Abu Dzar al-Ghiffari agar mengerjakannya

"Ya Abu Dzar, apabila engkau hendak berpuasa sunah pada setiap bulannya. Maka lakukanlah puasa pada tanggal 13, 14 , dan 15."

Rasulullah SAW juga memberikan nasehat yang sama kepada sahabat dekatnya, Abu Hurairah r.a untuk mengerjakan puasa sunah di hari-hari putih, sebagaimana di ceritakan oleh Abu Hurairah r.a sendiri : "Rasulullah SAW Berpesan kepadaku 3 hal, yaitu berpuasa setiap hari pada setiap bulannya; mengerjakan dua raka'at shalat Dhuha; serta shalat Witir sebelum tidur."
(HR.Bukhari Muslim)

Kedua sahabat tersebut di berikan nasihat yang sama untuk melakukan puasa tanggal 13, 14 dan 15 pada tiap bulan, dikarenakan banyak sekali keutamaan dan manfaatnya. siapa saja yang berpuasa pada hari-hari tersebut, ia akan mendapatkan pahala yang luar biasa, yaitu nilainya setara dengan berpuasa setahun penuh. Sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah ibn Amr ibn'Ash r.a., ia berkata bahwa Nabi SAW pernah bersabda kepadanya

Berpuasalah setiap bulannya tiga hari. karena sesungguhnya kebaikan pada hari itu dihitung dengan sepuluh kelipatannya, yang nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun."
(HR.Muttaqun 'Alaih)

Alangkah luar biasanya pahala puasa sunah tiga hari dalam sebulan, yakni seperti berpuasa sepanjang tahun. Bayangkan, tanpa kita harus menahan lapar dan haus setiap hari, cukup berpuasa setiap tanggal 13, 14 dan 15 saja sudah mewakili, nilainya sama dengan nilainya setiap hari berpuasa sepanjang hidup kita. Tentu saja , jika kita melaksanakannya sepanjang hidup kita.

Entri Populer